Jumat, 02 November 2012

 Bubur Gudeg Jogja


* Bila berbicara tentang Yogyakarta pasti ingat oleh makanan khas daerah tersebut yang taklain adalah Gudeg. Masakan ini dibuat dari bahan utama buah nangka muda bahasa jawanya (gori) yang diolah dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah serta rasanya manis. Untuk menghasilkan gudeg yang dengan rasa yang enak dibutuhkan waktu yang lama dalam memasaknya. Gudeg terdiri dari dua jenis yaitu gudeg basah dan gudeg kering 

* Gudeg basah adalah gudeg yang sedikit berkuah berwarna abu-abu dengan gurihnya santan atau bahasa jawanya Areh. Sayur gudeg basah biasanya disantap bersama daun ubi rebus. Sedangkan sayur gudeg kering warnanya lebih kecoklatan dan gelap serta rasanya lebih manis. Gudeg juga identik dengan telur yang direbus,daging ayam, bahasa jawanya godong telo atau daun ubi yang diolah pedas dan sayur krecek. Sayur krecek terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan lalu digoreng dan dibuat sayur dengan campuran kacang kedelai serta bumbu-bumbu.
*
* Bubur Gudeg disajikan dengan telur dan kedelai yang digoreng, suwiran ayam rebus, dan kuah gurih bersantan seperti kuah opor dan tentunya disajiakan bersama gudeg pula. Terdapat dua variasi bubur gudeg yakni bubur gudeg basah dan bubur gudeg kering. Kedua-duanya sama-sama enak. Biasanya bubur gudeg cocok disantap untuk hidangan pagi dan sore hari . Namun bubur gudeg ini tidak dapat ditemui di restoran-restoran mewah melainkan bisa ditemui di pinggir jalan kota , walupun jualanya di dalam kampung yang alamatnya di Gedongan kotagede RT 07 RW 03 Yogyakarta ini sangat di senangi  pengunjung , dengan rasa buburnya yang gurih beda dari bubur yang lain mungkin pengunjung bisa menilainya sendiri , bubur gudeg ini pengunjung dengan menyebutnya Bubur mbahdog .
Menerima pesanan partai Besar dan kecil
bisa di hubungi di No 088980003566

Alamat : Gedongan No 111 RT07 RW 03 Kel Purbayan Kec Kotagede Yogyakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar